Cara Menghitung Berat Badan Ideal (BMI) Pria & Wanita

Berat badan ideal – Ada yang bertanya bagaimana cara yang tepat untuk menghitung berat badan ideal wanita dan pria? Karena dalam ulasan kali ini kita akan menghupas tuntas tentang kalkulator BMI yang berfungsi untuk mengetahui cara menghitung berat ideal pada pria/ cowok dan wanita/ cewek. Berat tubuh ideal pastinya jadi idaman tiap-tiap orang baik itu pria ataupun wanita. Mempunyai berat ideal bakal tingkatkan rasa yakin diri dalam aktiftas keseharian ataupun dalam kebiasaan pekerjaan. Banyak pula yang bertanya-tanya dalam hati mereka apakah berat tubuh mereka telah ideal atau belum?.

Tahukah anda jika berat tubuh ideal tidak bisa hanya mengacu pada berat hasil timbangan saja. Menurut tubuh kesehatan dunia ada standard berat tubuh hingga seorang dapat disebutkan sudah mempunyai berat badan/ bobot yang ideal. Butuh juga di ketahui untuk memastikan berat tubuh itu ada rumus berat badan ideal yang dapat dipakai melalui perhitungan aplikasi kalkulator BMI online. Umpamanya rumus yang kerap jadikan referensi yakni rumus BMI (body mess index) serta Brocha. Ke-2 rumus itu sangatlah umum jadikan alat kalkulasi tubuh ideal.

Pada dasarnya untuk mengtahui cara menghitung berat badan ideal tidaklah sulit, mendapatkan berat tubuh yang ideal merupakan impian hampir seluruh wanita dan sebagian besar pria. Perhitungan berat badan yang ideal tidak harus selalu mengikuti rumus dan teori yang ada, semuanya disesuaikan dengan keadaan dan kondisi tubuh kita. Hal ini disebabkan karena perbedaan berat dari tulang, ukuran besarnya tulang dan faktor lainnya seperti postur tubuh kita sendiri.

berat badan ideal

Penampilan seseorang akan terlihat menarik ketika hal ini didukung dengan bentuk tubuh yang proporsional. Dengan adanya acuan yang semacam ini, maka saat ini banyak sekali orang yang kemudian memutuskan untuk mencoba berbagai cara demi mendapatkan berat badan yang ideal. Nah, anda dapat mencoba menghitung apakah berat badan anda sudah ideal atau belum dengan menggunakan rumus berikut.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Menghitung berat badan ideal dengan menggunakan Rumus BMI (Body Mass Index) atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) kerapkali di jadikan referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berikut ini rumusnya :

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh)

Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda.

Menghitung berat badan ideal Wanita dengan rumus Brocha

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Dengan tinggi badan 167 cm, berapakah berat badan idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria dengan rumus Brocha

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Kalkulator BMI Online

Berat Badan kg
Tinggi cm
Standar Pengukuran

Standar Berat Badan Ideal BMI Untuk Wanita Asia

Kategori Nilai BMI:

  • BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga dan minum air putih yang banyak.
  • BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal.
  • BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu minggu minimum 2 kali.
  • BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin program turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.

Standar Berat Badan Ideal BMI Untuk Pria Asia

Kategori Nilai BMI:

  • BMI 17 = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori dan minum air putih yang banyak.
  • BMI 17 – 23 = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal.
  • BMI 23 – 27 =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada terhadap kesehatan anda.
  • BMI 27 =Obesitas – Warning, baiknya mengawali program menurunan berat tubuh supaya lebih ideal.

Sedikit tambahan dari kami, janganlah terlalu terfokus untuk mendapatkan berat badan ideal anda. Yang penting adalah bagaimana menerapkan pola hidup seimbang & pola hidup sehat dengan asupan kalori serta nutrisi yang cukup untuk tubuh anda. Kekurangan berat badan tidak berarti anda sehat demikian juga jika anda kelebihan berat badan tidak secara otomatis anda sakit-sakitan. Dapatkan berat badan ideal anda secara alami dan menyenangkan.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita standar nasional asia yang dapat kami tuliskan untuk anda. Semoga apa yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan anda.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal (BMI) Pria & Wanita | rumusmenghitung | 4.5