Cara Menghitung Nilai IP dan IPK Semester

Cara Menghitung Nilai IP dan IPK Yang Benar dan Mudah. Pada ulasan kali ini kami akan mencoba untuk berbagi tentang sebuah tips menghitung nilai ip dan ipk. Pada dasarnya nilai hasil studi seorang mahasiswa dinyatakan dalam suatu angka indeks yang disebut indeks prestasi. Indeks prestasi adalah nilai rata-rata dari sejumlah mata kuliah yang telah diikuti. Indeks prestasi terdiri dari indeks prestasi semester, dan indeks prestasi kumulatif. Nah, bagi kita yang belum mengerti apa itu IP atau IPK, mari kita cari tahu terlebih dahulu yang dimaksud dengan IP dan IPK.

Pengertian Indeks Prestasi (IP)

Indeks prestasi semester biasanya disebut indeks prestasi saja, disingkat IP. Indeks prestas semester adalah nilai rata-rata dari seluruh mata kuliah yang telah diikuti dalam satu semester. Indeks prestasi semester biasanya mempengaruhi jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat diikuti pada semester berikutnya. SKS adalah besaran yang menunjukkan bobot mata kuliah tersebut yang juga merupakan jumlah jam pelajaran per minggu. Jika suatu mata kuliah memiliki SKS 3, artinya jam kuliah untuk mata kuliah tersebut adalah 3 jam pelajaran. Rumus menghitung IP adalah sebagai berikut.

cara menghitung IP dan IPK

Rumus Menghitung IP = (Jumlah (SKS x POIN)) / (Jumlah SKS)

Pengertian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK adalah nilai rata-rata dari seluruh mata kuliah yang diikuti sejak semester pertama. Indeks Prestasi kumulatif biasanya lebih menggambarkan prestasi akademik keseluruhan dari mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa dengan IPK tinggi biasanya lebih dipercaya dalam hal mengajukan beasiswa, menjadi asisten dosen, mengajukan penulisan skripsi lebih awal, dan lain-lain. Rumus menghitung IPK adalah sebagai berikut.

Rumus Menghitung IPK = (Jumlah kumulatif (SKS x POIN)) / (Jumlah kumulatif SKS).

Cara Menghitung IP dan IPK dengan Contoh

Dalam menghitung IP nilai yang kita hitung bukanlah nilai asli yang tertera pada Nilai Final kita di kolom nilai, tapi yang kita gunakan adalah Bobot nilai kita kita yang berupa huruf baik A , B , C , D , E. Berikut tabel bobot nilai :

Nilai Angka
Nilai Huruf
> 85
A
75 s/d 84
B
60 s/d 74
C
45 s/d 59
D
< 45
E

Perlu diperhatikan nilai pada tabel diatas merupakan contoh semata, nilai bisa berbeda disetiap kampus. Apabila kita sudah mengetahui bobot nilai A , B , C , D atau E maka bisa langsung dengan mudah kita cari IP nya.

  • Untuk Nilai Huruf “A” Nilai Angkanya “4”
  • Untuk Nilai Huruf “B” Nilai Angkanya “3”
  • Untuk Nilai Huruf “C” Nilai Angkanya “2”
  • Untuk Nilai Huruf “D” Nilai Angkanya “1”
  • Untuk Nilai Huruf “E” Nilai Angkanya “0”.

Sebagai  contoh, Di kampus, Eko menempuh 21 sks dengan mata pelajaran sebegai berikut:

No
Mata Kuliah
SKS
Nilai Huruf (NH)
Nilai Angka (NA)
NH * SKS
1
Pengantar Ilmu Komunikasi
3
A
4
12
2
Pengantar Ilmu Politik
3
A
4
12
3
Filsafat Ilmu
3
B
3
9
4
Bahasa Inggris
3
B
3
9
5
Bahasa Indonesia
2
A
4
8
6
Agama
2
B
3
6
7
Kewarganegaraan
2
A
4
8
8
Antropologi
3
C
2
6
TOTAL
21
27
70

Dari tabel diatas kita dapat menghitung IP Eko sebagai berikut:

  • Total NA * SKS / Total SKS
  • Jadi : 70 / 21 = 3,3
  • Jadi, Indeks Prestasi yang diperoleh Eko adalah 3,3.

Begitulah sekiranya contoh cara menghitung nilai IPK dan IP yang dapat kami tuliskan pada ulasan kali ini. Semoga apa yang telah kami sajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kita semua.

Cara Menghitung Nilai IP dan IPK Semester | rumusmenghitung | 4.5