Rumus Luas Lingkaran – Cara Menghitung dan Contoh Soal

Rumus luas lingkaran – Pada ulasan kali ini kita akan kembali lagi mempelajari matematika pelajaran sekolah menengah pertama atau SMP khususnya cara menghitung luas lingkaran, mencari diameter lingkaran, serta rumus persamaan lingkaran . Ya, kali ini kita akan mengupas tuntas seputar rumus lingkaran yang benar dan tepat. Bukan hanya itu saja, disini kami juga telah mempersiapkan beberapa contoh latian soal dan jawaban  dengan tema menghitung luas sebuah lingkaran yang nantinya kami harap akan membuat anda lebih cepat hafal tentang bagaimana cara menemukan keliling atau luas lingkaran.

Apabila kita membahas tentang rumus mencari luas lingkaran, tak lengkap rasanya jika kita tak membahas juga tentang rumus keliling lingkaran dua dimensi, namun anda bisa menyimak ulasan mengenai rumus keliling lingkaran pada ulasan artikel sebelumnya beserta kumpulan contoh soal mencari luas lingkaran dan lain-lain. Semoga setelah membaca ulasan kami ini, anda semakin paham mengenai cara menghitung luas lingkaran dan contoh soal beserta jawaban yang kami berikan.

rumus luas lingkaran

Pengertian Lingkaran

Mungkin jika ada yang bertanya tentang apakah yang dimaksud dengan bagunan lingkaran? Jawabnya lingkaran merupakan gambar dua dimensi yang memdiskripsikan bahwa lingkaran tidak memiliki sudut. Tidak seperti bangun datar dua dimensi lainnya, lingkaran sangat unik karena tidak memiliki sudut, memiliki model tak hingga, jika dilipat maka akan mendapatkan lipatan tak hingga pula. Lingkaran memiliki beberapa bagian diantaranya memiliki jari-jari, diameter, dan pusat lingkaran yang anda harus pahami terlebih dahulu sebelum membahas mengenai rumus-rumus pada lingkaran. Nah, langsung saja kita bahas bagaimana cara menghitung rumus luas lingkaran + contoh soal dan penyelesaiaan jawaban yang ada berikut ini.

rumus lingkaran

Keterangan:

  • p = Pusat lingkaran
  • r = Jari-jari lingkaran
  • d = Diameter lingkaran.

Rumus Luas Lingkaran :

Luas lingkaran = luas persegi panjang yang tersusun

= panjang × lebar
= ½ × keliling lingkaran × jari-jari lingkaran
= ½ × 2πr × r = πr2

Karena r = ½ d, maka rumus di atas dapat dinyatakan juga sebagai berikut.
Luas lingkaran = π ( ½ d)2 = ¼ πd2

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk setiap lingkaran dengan jari-jari r dan π = 22/7 atau 3,14, berlaku rumus:

Luas lingkaran = π x r2
Keterangan:
π = 3,14 atau 22/7 (ketetapan)
r = jari-jari lingkaran

Contoh Soal Luas Lingkaran :

Seorang anak mempunyai tugas menggambar lingkaran dengan diameter yang di tugaskan adalah 20 cm. Tentukan luas lingkaran yang akan dibuat anak tersebut?
Jawab:
Diketahui:
d = 20 cm
maka
r = 20/2 = 10 cm  (karena d = 2 x r, maka r = d/2)
π = 3,14 atau 22/7 (ketetapan)
Ditanyakan:
Luas lingkaran …. ?
Penyelesaian:
Gunakan rumus mencari luas lingkaran,

Cara Menghitung Luas Lingkaran :

 Luas lingkaran = π x r2
Masukkan nilai yang diketahui ke dalam rumus,
L = π x r2
   = 3,14 x 102
   = 3,14 x 100
   = 314 cm2
Jadi, luas lingkaran yang di gambar anak tersebut adalah sebesar 314 cm2
Sekian ulasan tentang rumus luas lingkaran beserta contoh soal cara menghitung  luas lingkaran yang benar dan tepat dengan menggunakan rumus yang mudah dan sangat sederhana dengan harapan kita akan lebih mudah untuk menemukan luas lingkaran. Semoga artikel yang kami tuliskan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Rumus Luas Lingkaran – Cara Menghitung dan Contoh Soal | rumusmenghitung | 4.5