Cara Menghitung Persentase di Excel

Rumus Persentase – Pada artikel ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara menghitung persen atau persentase dengan menggunakan rumus yang tepat. Mulai dari perhitungan manual, menggunakan kalkulator, dan juga menghitung persentase di Excel beserta contoh soal lengkap dan pembahasan jawabannya lengkap. Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita menemui banyak soal persentase yang mungkin untuk sebagian orang tidak tahu bagaimana cara menghitungnya. Entah itu persentase potongan harga atau diskon yang banyak kita jumpai di mall atau departemen store, atau soal persentase lainnya. Nah, jika demikian anda tidak perlu khawatir karena belajar perhitungan persentase itu sangat mudah kok. Yang perlu kita kuasai hanyalah rumus persentase dan perkalian atau pembagian.

Pada dasarnya ada 2 metode untuk menghitung persentase yaitu menghitung persentase dengan menggunakan kalkulator persen, atau dengan menggunakan rumus perhitungan persen secara manual. Kenapa perlu kita tahu cara manual? Perlu disadari bahwa kita tidak mungkin membawa kalkulator ataupun alat bantu saat ujian ataupun tes tertentu yang mempertanyakan tentang cara menghitung persentase suatu kasus tertentu. Oleh karena itu, memang perlu untuk mengetahui cara menghitung persen secara manual.

Hal yang pertama dan paling penting yang anda ketahui adalah berapa jumlah keseluruhan dari suatu tersebut dan berapa bagian yang akan dijadikan persenan terhadap keseluruhan tersebut. Kedua ketahui rumus persentase (%).

Persentase (%) = (Bagian/seluruh)x 100 %

Menggunakan persamaan atau rumus diatas, anda dapat dengan mudah membuat suatu itu bernilai persen, atau jg dapat menjadikan bilangan pecahan menjadi persen. Rumus persentase diatas menerangkan bahwa setelah bagian dibagikan dengan seluruh maka dikali 100 % akan menghasilkan persentase.

cara menghitung persen

Rumus Menghitung Persen

Rumus Persentase Keuntungan:

Persentase (%) = Keuntungan : harga pembelian x 100%

Rumus Mengetahui Keuntungan:

Keuntungan = Harga penjualan – Harga pembelian.

Cara Menghitung Persentase di Excel :

1. Untuk langkah awal, langsung saja anda pilih cell yang akan yang berisi data desimal yang akan diubah ke bentuk persentase (%).

2. Klik kanan dan pilih format cell Buka melalui menu home dan lihat kota format cell di box number (contoh pada gambar dibawah)

presentase excel

3. Selanjutnya akan muncul dialog box format cell. Pada langkah ini pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan dan lanjutkan dengan klik “OK”

rumus persen excel
Misal 0,50 setelah diformat akan menjadi 50% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 50,00%
Misal 0,3456 setelah di format akan menjadi 34,56%

Tipe Penghitungan Persentase

Saat kita mengolah data persentase di excel, ada 2 jenis penghitungan yaitu presentase dari proporsi dan juga presentase perubahan jika dibandingkan dengan data yang lain.

Persentase dari Proporsi

Contoh Soal : Putri mengerjakan soal fisika berjumlah 50 soal dan hanya bisa menjawab dengan benar sebanyak 40 soal. Berapa persentasenya ? Berikut pembahasan perhitungannya menggunakan Microsoft Excel.

Tabel rumus persentase

contoh soal persentase

Hasil perhitungan

perhitungan persen excel

Persentase Perubahan (Kenaikan atau Penurunan)

Contoh yang kedua yakni menghitung persentase kenaikan atau penurunan penjualan sebuah produk. Misalkan pada bulan Desember 2014 Barang A berhasil menghasilkan penjualan sebesar 2.000.000 dan di bulan Januari 2015 berhasil menghasilkan penjualan total 2.500.000. Berapa angka persentase kenaikan penjualannya? Berikut pembahasannya.

Tabel Rumus Persentase

tabel excel

Hasil Perhitungan

hasil perhitungan

Sekian ulasan mengenai cara menghitung persen dengan menggunakan rumus matematika yang mudah dan tepat yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kami tuliskan dalam artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita semua, khususnya untuk teman teman yang masih kebingungan cara menghitung rumus persentase di excel. Trimakasih.

Pencarian:

cara hitung prosentase dari jumlah tertentu excel

Cara Menghitung Persentase di Excel | rumusmenghitung | 4.5