Cara Menghitung Rumus Standard Deviasi di Excel & Manual

Rumus standard deviasi – Pada ulasan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara menghitung standard deviasi dengan cara manual di microsoft Excel yang sangat populer itu. Sebelum kita beranjak ke inti artikel, mari kita ingat-ingat terlebih dahulu tentang apa itu yang dimaksud dengan standard deviasi? Pengertian standard deviasi adalah ukuran dari seberapa luas simpangan nilai dari nilai rata-rata (mean). Salah satu fungsi statistik yang tersedia di microsoft excel adalah menghitung standar deviasi (simpangan baku).

Dalam statistik, standar deviasi (SD, yang juga ditunjukkan oleh huruf sigma Yunani σ atau huruf Latin s) adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur jumlah variasi atau dispersi dari satu set nilai data. Penyimpangan standar yang rendah menunjukkan bahwa titik data cenderung mendekati mean (juga disebut nilai yang diharapkan) dari himpunan, sementara standar deviasi yang tinggi menunjukkan bahwa titik data tersebar pada rentang nilai yang lebih luas.

Standar deviasi dari variabel acak, populasi statistik, kumpulan data, atau distribusi probabilitas adalah akar kuadrat variansnya. Ini secara aljabar lebih sederhana, meski dalam praktiknya kurang kuat, daripada deviasi absolut rata-rata. Properti yang berguna dari standar deviasi adalah bahwa, tidak seperti varians, dinyatakan dalam unit yang sama dengan data. Ada juga ukuran penyimpangan lain dari norma, termasuk deviasi absolut rata-rata, yang memberikan sifat matematis yang berbeda dari rumus standar deviasi. Nah berikut akan kami kupas secara tuntas contoh soal beserta jawaban cara menghitung standard deviasi yang benar dan tepat.

rumus standard devias

Cara Menghitung Standard Deviasi :

Pada umumnya rumus standar deviasi yang digunakan di Microsoft Excel ialah sama, yakni:

Rumus std.deviasi = stdev(T37:T53)

Cara penulisan rumus fungsi standar deviasi adalah sebagai berikut:
STDEV (number1, number2,…)

Dengan keterangan sebagai berikut:
Number1, number2, … adalah 1-255 argumen yang sesuai dengan sampel populasi. Anda juga dapat menggunakan array tunggal atau referensi ke array, bukan argumen yang dipisahkan oleh koma.

Contoh Soal Standard Deviasi :

standard deviasi excel

Dapat kita lihat keterangan pada gambar tabel diatas adalah sebagai berikut:

  • Nilai = xi
  • Mean/ rerata nilai = xi – x-garis
  • Banyaknya sampel/data (n) = 17
  • (xi – x-garis)^2 = simpangan kuadrat
  • variance = jumlah simpangan kuadrat/ (17 – 1).

Soal: Yang akan Z hitung di sini adalah standar deviasinya.

Perhatikan tabel
Pada kolom V30 menunjukkan nilai std. deviasi (S), dimana std. deviasi ad/ akar dari variance (S^2)

Rumus Standard Deviasi Variance (S^2):

standard deviasi
dengan bantuan ms.excel dpt dngn mudah kita hitung  = 62.735 dan sigma  = 7124.5589, kemudian nilai  = 445.2849, sehingga std. deviasi =   = 21.1018.

Keterangan:

  • STDEV mengasumsikan bahwa argumen adalah contoh dari populasi. Jika data anda mewakili seluruh populasi, untuk menghitung deviasi standar menggunakan STDEVP.
  • Standar deviasi dihitung menggunakan metode “n-1” .
  • Argumen dapat berupa nomor atau nama, array, atau referensi yang mengandung angka.
  • Nilai-nilai logis dan representasi teks dari nomor yang Anda ketik langsung ke daftar argumen akan dihitung.
  • Jika argumen adalah sebuah array atau referensi, hanya nomor/angka dalam array atau referensi yang akan dihitung. Sel kosong, nilai-nilai logis, teks, atau nilai-nilai kesalahan dalam array atau referensi akan diabaikan.
  • Argumen yang kesalahan nilai atau teks yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam nomor/angka akan menyebabkan kesalahan. g. Jika Anda ingin memasukkan nilai-nilai logis dan representasi teks angka dalam referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi STDEVA.

Sekian ulasan yang dapat kami bagikan dalam artikel yang berjudul rumus standard deviasi beserta contoh soal cara menghitung sandard deviasi secara manual/ di Microsoft Excel ini. Semoga apa yang kami tulis ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita semua tentang perhitungan standard deviasi.

Cara Menghitung Rumus Standard Deviasi di Excel & Manual | rumusmenghitung | 4.5