Cara Menghitung Volume Bola dan Contoh Soal

Rumus Volume dan Luas Permukaan Bola. Pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang sebuah materi dasar matematika dengan tema bagaimana cara menghitung volume bola dan luas permukaan bola menggunakan rumus yang sederhana dan simpel yang akan mudah untuk dimengerti. Di sekitar kita banyak dijumpai benda-benda yang berbentuk bangun ruang sisi lengkung. Benda-benda tersebut sering kita gunakan sebagai peralatan maupun permainan.

Contoh benda-benda yang merefleksikan bangun ruang sisi lengkung seperti bedug, kaleng, caping, bola sepak, bola voly, bola basket, dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut merupakan refleksi dari bangun ruang yang berupa bola, tabung, dan kerucut. Tetapi pada artikel kali ini lebih difokuskan pada pembahasan satu jenis bangun ruang sisi lengkung, yaitu cara menghitung rumus volume bola dan luas permukaan bola.

Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui benda-benda yang memiliki bentuk berupa bola, sebagai contoh bola digunakan pada berbagai cabang olah raga, seperti pada sepakbola, bola basket, baseball, bilyard, voli, dan sebagainya. Atau bahkan digunakan sebagai sarana bermain anak-anak seperti mandi bola. Sehingga bola merupakan bangun ruang sisi lengkung yang dekat dengan kehidupan kita.

rumus volume bola

Pengertian Bangun Bola dalam ilmu Matematika

Pengertian bola sendiri jika dilihan dari sudut pandang Geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama.

Ciri Sifat Bola

  • Bola merupakan bangun ruang berbentuk setengah lingkaran diputar mengelilingi garis tengahnya.220px-Bola
  • Bola mempunyai 1 sisi dan 1 titik pusat.
  • Sisi bola disebut dinding bola.
  • Bola tidak mempunyai titik sudut dan rusuk.
  • Jarak dinding ke titik pusat bola disebut jari-jari.
  • Jarak dinding ke dinding dan melewati titik pusat disebut diameter.

Rumus Luas Permukaan Bola

Bila gambar  bola diatas dimasukkan dalam tabung . akan kita  peroleh bahwa jari-jari bola dan tinnggi tabung sama dengan diameter  bola, maka :

Luas permukaan bola  =  2 : 3 x Luas sisi tabung

=  2 : 3 x 2 π r ( r + t )

=  2 : 3 x 2 π r ( r + 2 r )

=  4 π r²

Jadi luas sisi ( permukaan ) bola adalah 4 π r² dengan r  jari-jari bola.

Contoh soal :

Hitunglah luas permukaan bola yang jari-jarinya 7 cm.( π=22/7)

Jawab :

Luas Permukaan bola = 4 π r²

= 4 (22/7) x 7 x 7

= 616 cm²

Rumus Volume Bola 

Gambar  diatas menunjukkan sebuah bola dengan jari-jari r. sedangkan gambar B adalah sebuah kerucut dengan ukuran jari-jari dan tingginya sama dengan ukuran jari-jari bola pada gambar A.

Volum bola dapat ditentukan melalui percobaan berikut, jika kerucut itu diisi  air sampai penuh , kemudian dituangkan ke dalam bola akan didapat bahwa isi bola sama dengan empat kali isi kerucut tersebut.

Jadi , Volum bola = 4 x volum kerucut

= 4 x  ˡ̷3 π r² x t

Ukuran tinggi kerucut sama dengan ukuran jari-jari bola, sehingga t = r

Volum bola =  4 x  ˡ̷3 π r² x r = 4/3 π r³

Jadi Rumus volum bola adalah .. V = 4/3 π r³

Dengan V = Volum bola

r = jari – jari bola

π  = 3,14 atau π  22/7

Contoh Soal Perhitungan Rumus Bola :

Diketahui  jari – jari sebuah bola adalah 21 cm , Jika  π = 22/7 , tentukanlah volum bola itu !

Penyelesaian :

V = 4/3 π r³

= 4/3 x 22/7 x 21³

= 4/3 x 22/7 x 21³

= 38808

Jadi, volume bola itu adalah 38.808 cm³.

Sekian ulasan mengenai cara menghitung volume dan luas permukaan bola beserta contoh soal dan jawaban pembahasan perhitungan rumus bola dalam matematika yang dapat kami bagikan dalam artikel ini. Semoga apa yang telah kami tuliskan ini dapat bermanfaat dan memberi kita ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara menghitung volume bola serta luas permukaan bola menggunakan rumus yang tepat.

Cara Menghitung Volume Bola dan Contoh Soal | rumusmenghitung | 4.5